Sosialisasi Perpustakaan Keliling ke SD Negeri Kreo
Mahasiswa/i Kelompok 10 Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam (PMI) angkatan 2021 dari Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (FDIKOM) di Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta sedang melaksanakan kegiatan Praktikum II di Desa Kreo, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Provinsi Jawa Tengah. Kegiatan ini berlangsung selama satu bulan, dimulai dari tanggal 7 September hingga 5 Oktober 2024. Selama sebulan mahasiswa/i akan terlibat dalam berbagai kegiatan yang bertujuan untuk pemberdayaan masyarakat, seperti pengembangan program-program sosial, pelatihan keterampilan, serta kegiatan-kegiatan yang mendukung peningkatan kualitas hidup masyarakat setempat. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat, serta memberikan pengalaman berharga bagi mahasiswa/i dalam memahami dinamika kehidupan sosial dan budaya di lapangan.
Dalam rangka mendukung kegiatan literasi dan meningkatkan minat baca anak-anak, Kelompok 10 Praktikum II UIN Jakarta melaksanakan sosialisasi perpustakaan keliling di SDN Kreo. Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan perpustakaan yang ada di Desa Kreo serta memberikan informasi tentang pentingnya membaca bagi perkembangan pendidikan anak, meningkatkan minat baca anak-anak melalui kegiatan literasi, mendorong siswa untuk memanfaatkan fasilitas perpustakaan dalam mendukung belajar. Kegiatan sosialisasi berlangsung di ruang kelas dengan melibatkan siswa SDN Kreo. Tim dari Kelompok 10 memperkenalkan berbagai jenis buku yang tersedia di perpustakaan, termasuk buku cerita, buku pelajaran, dan buku pengetahuan umum. Selama kegiatan sosialisasi perpustakaan keliling di SDN Kreo, terdapat momen yang sangat menarik dan interaktif.
Setelah pengenalan mengenai perpustakaan dan manfaat membaca, siswa-siswa kelas 2 dan 3 diberikan kesempatan untuk maju ke depan dan menceritakan buku yang telah mereka baca sebelumnya. Setiap siswa yang ingin berbagi pengalaman membaca buku secara sukarela melangkah ke depan kelas dengan penuh semangat. Mereka memperkenalkan judul buku yang telah dibaca dan memberikan ringkasan cerita dengan gaya bercerita yang menarik. Beberapa siswa tampak sangat antusias, bahkan menyertakan ekspresi dan gerakan tubuh yang membuat cerita mereka lebih hidup.
Selama siswa-siswa tersebut menceritakan isi buku, teman-teman mereka dengan seksama menyimak setiap kata yang disampaikan. Suasana kelas terasa hangat dan penuh perhatian, di mana setiap siswa berusaha untuk mendengarkan dengan baik. Beberapa siswa terlihat mengangguk, menunjukkan bahwa mereka terlibat dan tertarik dengan cerita yang dibagikan. Setelah sesi bercerita selesai, kegiatan dilanjutkan dengan sesi merangkum. Teman-teman sekelas diajak untuk menyampaikan kembali inti dari cerita yang telah didengar. Ini menjadi kesempatan bagi mereka untuk berpikir kritis dan melatih keterampilan mendengarkan serta merangkum informasi. Banyak siswa yang berhasil menyampaikan kembali pokok-pokok penting dari cerita, dan beberapa bahkan menambahkan pendapat pribadi mengenai karakter atau alur cerita.
Kegiatan ini tidak hanya meningkatkan keterampilan berbicara di depan umum, tetapi juga mendorong siswa untuk lebih menghargai dan memahami cerita yang mereka baca. Melalui berbagi pengalaman, siswa menjadi lebih percaya diri dan saling belajar satu sama lain. Ini juga menciptakan suasana kolaboratif di dalam kelas, dimana siswa saling mendukung dan menghargai pendapat teman-teman mereka. Secara keseluruhan, sesi bercerita dan merangkum ini sangat bermanfaat dalam menumbuhkan kecintaan terhadap membaca di kalangan siswa. Kegiatan ini menunjukkan bahwa berbagi pengalaman membaca dapat memperkuat hubungan sosial antar siswa, sekaligus meningkatkan kemampuan literasi mereka. Diharapkan kegiatan semacam ini dapat dilanjutkan dan dikembangkan lebih lanjut di SDN Kreo untuk mendukung budaya membaca yang positif di kalangan anak-anak.