Seminar Nasional Comfest 2024: Tingkatkan Kreativitas Gen Z Lewat Inovasi Media
Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) UIN Jakarta menggelar acara Seminar Nasional Communication Festival (Comfest) 2024, di Teater Lantai 2 Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (FDIKOM) pada Rabu (5/6).
Seminar Nasional tahun ini mengusung tema “Mutu Kreativitas Gen Z dalam Peningkatan Inovasi melalui Media Unggul di Era Digital” yang dihadiri oleh Yopi Kusmiati sebagai Kepala Program Studi KPI, Gun Gun Heryanto sebagai Dekan FDIKOM, adapun mengundang pembicara dari media besar, seperti Pung Purwanto sebagai Head of Director Sindonews.com, Novi Eastiyanto sebagai Vice Business Director Kompas, dan Young Lex sebagai Influencer.
Gun Gun menilai, Gen Z yang dikenal dengan kecakapan teknologi dan keterbukaan terhadap perubahan, memiliki potensi besar untuk menciptakan inovasi melalui media digital sekaligus menjadikannya sebagai alat untuk menguatkan identitas diri agar lebih adaptif.
"Media kalau unggul artinya punya kualitas, kredibilitas, sehingga ketika Gen Z minimum mengkonsumsi media yang bersangkutan, akan mendapatkan informasi yang berkualitas. Karena karakteristik Gen Z yang sebenarnya adalah digital native, sehingga media-media yang berbasis digital sekarang menjadi sesuatu yang sangat daily untuk para Gen Z,” ucap Gun Gun dalam wawancaranya bersama DNK TV pada Rabu (5/6).
Di samping itu, Novi Eastiyanto yang hadir sebagai pembicara pun menambahkan tentang pentingnya budaya check dan recheck dalam menghadapi tantangan perkembangan digital agar bisa mengonsumsi konten yang bermanfaat dan berwawasan.
"Sebenarnya mau check dan recheck atas fakta dan informasi yang ada, itulah tantangannya hari ini, karena kita disodorkan dengan platform yang begitu banyak, kemauan dan keinginan dari Gen Z untuk mau memilih dan memilah dari konten yang akhirnya mau mereka serap dan mereka baca, karena dengan bisa memilih dan memilah mana informasi yang akhirnya mereka konsumsi dan mereka akan dapatkan sebagai sebuah wawasan maka seharusnya hal itu bisa dilakukan,” ucap Novi Eastiyanto saat diwawancarai tim DNK TV pada Rabu (5/6).
Acara tahunan dari HMPS KPI ini meliputi banyak rangkaian kegiatan, diantaranya Seminar Nasional, Diskusi Komunikasi, serta beberapa perlombaan. Tak hanya itu, acara Comfest tahun ini juga mencatat peningkatan dengan menghadirkan dua media besar, yaitu MNC Group diwakili oleh Head of Director-nya, kemudian Kompas diwakili oleh Vice Business Director-nya, sehingga acara ini bukan hanya menjadi ruang transfer pengetahuan tetapi juga bisa menjadi jaringan untuk mahasiswa.
“Bagus sih, harusnya kalo buat saya sih not only mahasiswa komunikasi, kalo memang bisa diperlebar, karena dengan hari ini kita mendapatkan suatu perspektif baru mudah-mudahan itu menjadi wawasan atau insight baru untuk teman-teman mahasiswa tidak hanya di fakultas komunikasi, tapi juga di fakultas lain,” tutup Novi Eastiyanto menyampaikan kesannya terhadap acara Comfest 2024. (Cinta Romadhona Fauzi)