Pembekalan Mahasiswa PMI Sebelum Melaksanakan PMMB Batch 2-2022 di PT Pelabuhan Indonesia (Persero)
Telah selesai diadakan kegiatan pembakalan untuk Program Magang Mahasiswa Bersisertifikat (PMMB) di Lingkungan PT Pelabuhan Indonesia (Persero). PMMB ini merupakan program dari FHCI (Forum Human Capital Indonesia) yang bekerja sama dengan BUMN (Badan Usaha Milik Negara). Program ini diharapkan dapat memberikan kesempatan kepada mahasiswa/i untuk menggali pengalaman di perusahaan-perusahaan yang dibawahi oleh BUMN.
Kegiatan PMMB di Lingkungan PT Pelabuhan Indonesia (Persero) ini dimulai pada Kamis, 22 September 2022 yang dibuka secara resmi oleh Bpk. Ihsanuddin Usman selaku Direktur SDM dan Umum PT Pelabuhan Indonesia (Persero) serta Bpk. Sofyan Rohidi selaku Direktur Eksekutif FHCI.
Selanjutnya kegiatan pembekalan atau pelatihan peserta magang dimulai pada Senin, 26 – 29 Agustus 2022. Pembekalan ini merupakan serangkaian kegiatan pra-magang yang diadakan oleh PT Pelabuhan Indonesia (Persero) kepada setidaknya 200 mahasiswa/i yang telah terpilih dari seluruh universitas di Indonesia. Kegiatan pembekalan ini juga ditujukan sebagai bahan awal yang dapat dijadikan pedoman bagi para peserta magang dalam mengenal lingkungan PT Pelabuhan Indonesia (Persero) dan sebelum terjun langsung dalam proses pemagangan di penempatan kantor masing-masing.
Pada hari pertama, pembekalan disampaikan oleh Bpk. Fajar Setyono (DH Komunikasi Korporasi) yang memberikan materi tentang pengenalan perusahaan PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau biasa disingkat PELINDO. Materi kedua disampaikan oleh Bpk. Arif Rusman Yulianto (GH Pelayanan Terminal) yang memaparkan mengenai Proses Bisnis Operasional Perusahaan di Lingkungan PT Pelabuhan Indonesia (Persero).
Dari materi di hari tersebut dapat diambil intisari bahwa PT Pelabuhan Indonesia (Persero) saat ini telah melakukan merger dari ke-4 wilayahnya yang tersebar diseluruh Indonesia. Alasan dilakukannya merger adalah agar administrasi dan manajemen perusahaan dapat berjalan optimal dan diharapkan seluruh konektivitas pelabuhan di Indonesia dapat jauh lebih baik. Selain itu, bisnis atau pelayanan yang diberikan PT PELINDO meliputi 4 hal, diantaranya yaitu bisnis layanan peti kemas, bisnis layanan peti non-kemas, bisnis layanan logistik dan hinterland, serta bisnis layanan marine dan equipment.
Di hari kedua, pembekalan dipaparkan oleh Bpk. Rendra Krestyawan (GH Strategi SDM) yang memberikan materi mengenai Proses Bisnis Sumber Daya Manusia di PT PELINDO. Dan Materi kedua disampaikan oleh Bpk. Faldi Saputra (GH Pengelolaan Keuangan) yang membahas mengenai Proses Bisnis Keuangan di PT PELINDO.
Dari pembahasan pada hari kedua tersebut dapat disampaikan menganai hal-hal yang berkaitan dengan Human Capital Role khususnya di lingkungan PT PELINDO yang diantaranya adalah Organization Management, Talent Management, HR Service & Administration, dan HR Operation & Support. Sedangkan, tupoksi di bidang Direktorat Keuangan dan Manajemen Risiko di Linkungan PT PELINDO diantaranya yaitu, berkaitan dengan anggaran dan pelaporan, pengelolaan keuangan, layanan dan perpajakan, serta kegiatan akuntansi yang dijalankan perusahaan.
Pada hari ketiga, materi pembekalan pertama di sampaikan oleh Bpk. Yousua Na Bongar (DH HSSE) mengenai Proses Bisnis HSSE (Healty, Safety, Security, and Environment), dan materi kedua di sampaikan oleh Bpk. Agus Dharmawan (GH Teknologi Informasi dan Komunikasi) yang membahas tentang Proses Bisnis IT.
Pada materi pertama terkait HSSE, PT PELINDO memiliki program penerapan budaya keselamatan menuju zero accident. Diadakannya program tersebut adalah untuk meminimalisir kecelakaan saat bekerja. Adapun program dalam mengurangi risiko kecelakaan diantaranya; Corrective Management, Capability, Preventive Management, and Commitment to Safety. Materi kedua mengenai Proses Bisnis IT. Terdapat 2 inisiatif terkait IT untuk capaian velue creation uplift 2021-2025 (sumber analisis BCG), diantaranya; digitalisasi dan sistemisasi operasi kepelabuhan dan implementi enterprise architect dan IT masterplan. Salian itu, PT PELINDO memiliki layanan perusahaan untuk mendukung proses bisnis yang bersifat supporting, mencakup fungsi strategi perusahaan, menejemen integrasi, manajemen aset, pengelolaan anak usaha, pengelolaan kinerja, pengembangan usaha, sistem manajemen & HSSE, GRS, SDM & umum, akuntansi & keuangan, sekretariat perusahaan, manajemen proyek, dan IT.
Di hari keempat, yang dimana hari terakhir pembekalan. Pada hari ini matei yang disampaikan oleh Bpk. Andhika Alexander (Hestios Corp) mengenai Time Management (Pengelolaan atau pengaturan Waktu). Dan materi kedua dibawakan oleh Ibu Kartini Aprilia Sucahyo (Djarum Grup).
“Kita semua harus menyadari dan membuat mindset dalam diri kita bahwa waktu tidak bisa kita atur, tetapi waktu bisa kita ciptakan”, quotes yang cukup menarik yang disampaikan oleh Bpk. Andhika, Kamis (29/09/2022). Dan terkait Time Management, Bpk. Andhika juga memaparkan bahwa terdapat 3 chapter mengenai Manajemen Waktu 101, yaitu;
- Apa itu manajemen waktu ?
- Pentingnya mengelola waktu.
- Menghindari tabrakan antar kegiatan atau aktivitas
- Meningkatkan produktivitas & prestasi.
- Membuat hidup lebih bahagia.
- Cara mengelola waktu.
- Manfaatkan berbagai Teknik
- Membuat prioritas
- Melakukan negosiasi & komunikasi asertif.