
Kegiatan Workshop Entrepreneurship UIN Jakarta Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (FDIKOM) sukses menggelar kegiatan literasi digital, dengan tema “ Influence Of Internal and External Environment on Business Strategy”, pada Rabu (30/03/2022) melalui zoom. Berlangsungnya acara ini bertujuan untuk fokus menetap kan tujuan organisasi, pengembangan kebijakan dan perencanaan Suatu bisnis untuk mencapai tujuan organisasi.
Workshop ini menghadirkan Drs. Cecep Castrawijaya, M.A sebagai keynote speaker. Acara dipimpin oleh Muhammad Faiz Imamuddin sebagai moderator, dan narasumber terkait materi ini yaitu Dinda Luthfiaturrahmah Alhaq, Dinda Yasmin, Puput Putriyani, serta Difa Baladissalam Murodhi.

Difa Baladissalam Murodhi, mengungkapakan manajemen strategis adalah seni dan ilmu penyusunan, penerapan, dan pengevaluasian keputusan-keputusan, pengembangan kebijakan dan perencanaan, serta mengalokasikan sumber daya untuk menerapkan kebijakan dan merencanakan pencapaian tujuan organisasi. Beliau juga mengungkapkan bahwa lingkungan eksternal adalah semua elemen di luar organisasi yang relevan untuk operasi. Lingkungan eksternal terbagi menjadi dua, yaitu lingkungan eksternal mikro dan lingkungan ekternal makro.
Dinda Luthfiaturahmah Al-haq mengungkapkan, lingkungan eksternal mikro adalah lingkungan eksternal yang mempunyai unsur-unsur yang berpengaruh langsung dalam dunia usaha. Lingkungan ekternal mikro terdiri dari pelanggan (orang yang membeli produk), pesaing, pemasok (yang menyediakan bahan baku), perwakilan-perwakilan pemerintah, dan lembaga keuangan.

Puput Putriyani mengungkapkan, bahwa lingkungan eksternal makro memiliki cakupan yang luas di masyarakat. Meski pengaruhnya tidak secara langsung dan tidak cepat, seorang pemasar tetap harus mengawasi dinamikanya. Ada 5 aspek yang mempengaruhi perusahaan dari sisi eksternal makro, yaitu: aspek demografi (berhubungan dengan kondisi penduduk), aspek ekonomi (berhubungan dengan daya beli masyarakat), asep sosial budaya (berhubungan dengan gaya hidup masyarakat), aspek teknologi, aspek hukum dan politik (berkaitan dengan kebijakan pemerintah yang bisa membatasi kegiatan pemasaran).
Dinda Yasmin mengungkapkan, lingkungan internal adalah lingkungan yang berada di dalam organisasi tersebut dan secara normal memiliki implikasi yang langsung dan khusus pada perusahaan. Analisis yang digunakan untuk mengukur kemampuan sumber daya internal perusahaan, antara lain : Analisis SWOT (Strength, Weakness, Oppotunities, Threat) dan analisis rantai nilai (value chain Analysis) dan pandangan berbasis sumber daya (resource base view–RBV). Masing-masing alat analisis memiliki kelebihan dan kelemahan dalam melakukan analisis lingkungan internal perusahaan.