FDIKOM Sukses Gelar Kegiatan Literasi Digital "Analisis SWOT"
Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (FDIKOM) sukses menggelar kegiatan literasi digital, dengan tema “Analisis SWOT" pada Rabu (20/04/22) melalui google meet. Acara ini bertujuan mengedukasi para mahasiswa, agar lebih memahami bagaimana Analisis SWOT.
Webinar tersebut di moderatori oleh Muhammad Aghoes Firdaus, dan diisi oleh Ummi Hanum, Nur Al Maas Salsabil N, Haizatal Fagyah, Deriyana Saputra sebagai pemateri, dan yang sebagai keynote speaker dalam Webinar tersebut Drs. Cecep Castrawijaya,MA berhalangan hadir di karenakan beliau sedang acara kemenag di Bogor. Webinar tersebut digelar dalam rangka mengisi Mata Kuliah Manajemen Strategi.
Dalam menyesuaikan terhadap lingkungan yang selalu berubah-ubah, perusahaan perlu mengetahui faktor-faktor kunci sukses internal dan eksternal perusahaan sebagai nilai lebih untuk daya saing perusahaan. Oleh karena itu perusahaan harus memutuskan perencanaan strategis, maka mereka dapat mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman. Dengan demikian maka perusahaan akan tumbuh dan berkembang secara berkesinambungan.
Analisis SWOT dalam pembahasan oleh Mahasiswa Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, Deriyana Saputra, mengungkapkan,
“Analisa SWOT adalah identifikasi berbagai faktor secara sistematis untuk merumuskanstrategi sebuah perusahaan dan organisasi internal maupun eksternal. Analisa ini didasarkan pada logika yang dapat memaksimalkan kekuatan (Strengths) dan peluang (Opportunities), namun secara bersamaan dapat meminimalkan kelemahan (Weaknesses) dan ancaman (Threats). Analisis SWOT menurut Philip Kotler diartikan sebagai evaluasi terhadap keseluruhan kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman.”.
Di samping itu Mahasiswa Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, Ummi Hanum mengungkapkan, tujuan dari analisis SWOT, “Analisis ini berperan sebagai alat untuk meminimalisasi kelemahan yang terdapat dalam suatu perusahaan atau organisasi serta menekan dampak ancaman yang timbul dan harus dihadapi.Penerapan SWOT pada perusahaan bertujuan untuk memberikan suatu panduan agar perusahaan menjadi lebih fokus, sehingga dengan penempatan analisis SWOT dapat dijadikan sebagai perbandingan pikir dari berbagai sudut pandang, baik dari segi kekuatan dan kelemahan serta peluang dan ancaman.“