Pengakselerasian Tercapainya Sertifikasi Halal
Kegiatan Seminar Bisnis UIN Jakarta Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (FDIKOM) sukses menggelar kegiatan seminar, dengan tema “RISET PEMASARAN DAN MERAMAL PERMINTAAN”, pada Selasa (21/09/2022). Berlangsungnya acara ini bertujuan untuk mengetahui cara riset pemasaran dan meramal permintaan.
Seminar ini menghadirkan Drs. Cecep Castrawijaya, M.A sebagai keynote speaker. Acara dipimpin oleh Alwayitri Tsaubiha sebagai moderator, dan narasumber terkait materi ini yaitu M.Rifaldi Syahputra S dan Difa Baladissalam M.
M.Rifaldi Syahputra S menjelaskan bahwa Riset Pemasaran (Marketing Research) adalah sebagai perancangan, pengumpulan, analisis dan pelaporan data sistematis serrta temuan yang relevan terhadap situasi pemasarantertentu yang dihadapi perusahaan. Dan ada 6 proses riset pemasaran yaitu adalah:
1.Mendefinisikan Masalah, Alternatif keputusan dan Tujuan Riset
2.Mengembangkan Rencana Riset
3.Mengumpulkan Informasi
4.Menganalisis Informasi
5.Mempresentasikan temuan
6.Mengambil Keputusan
Difa Baladissalam M menjelaskan bahwa ada 5 halangan dalam penggunaan riset pemasaran yaitu adalah:
1.Konsepsi Sempit tentang Riset
2.Kaliber periset yang tidak seimbang
3.Penentuan kerangka masalah yang buruk
4.Temuan yang terlambat dan terkadang salah
5.Perbedaaan kepribadian dan presentasional
Lalu salah satu tugas terpenting dalam riset pemasaran adalah menilai efisiensi dan efektivitas kegiatan pemasaran. Kini semakin banyak pemasar yang bertanggung jawab atas investasi mereka dan harus dapat menjustifikasi pengeluaran pemasaran kepada manajemen senior. Riset pemasaran dapat membantu pemasar mengatasi kebutuhan akuntabilitas yang semakin besar ini. Dua pendekatan komplementer untuk mengukur produktivtas pemasaran adalah:
1.Ukuran pemasaran untuk menilai pengaruh pemasaran
2.Pemodelan bauran pemasaran untuk mengestimasi hubungan sebab akibat dan mengukur bagaimana kegiatan pemasaran mempengaruhi hasil
Alwayitri Tsaubiha menjelaskan bahwa salah satu alasan utama melakukan riset pemasaran adalah mengidentifikasi peluang pasar. Setelah riset selesai, perusahaan harus mengukur dan memperkirakan ukuran, pertumbuhan dan potensi laba dari masing-masing peluang pasar. Peramalan penjualan digunakan oleh departemen keuangan untuk meningkatkan kas yang dibutuhkan untuk investasi dan operasi oleh departemen manufaktur untuk menentukan kapasitas dan tingkat hasil; oleh departemen pembelian untuk mendapatkan jumlah persediaan yang benar; dan oleh departemen sumber daya manusia untuk mempekerjakan jumlah pekerja yang diperlukan.