Workshop Manajemen Pemasaran: “Mengidentifikasi Segmen dan Sasaran Pasar”
Mahasiswa Jurusan Manajemen Dakwah Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta telah sukses menyelenggarakan kegiatan Workshop Manajemen Pemasaran, dengan tema “Mengidentifikasi Segmen dan Sasaran Pasar” pada Selasa (11/10/2022) pukul 09:40-11:40 WIB melalui Zoom Meeting.
Workshop ini menghadirkan Dr. Cecep Castrawidjaya, M.A. sebagai keynote speaker dalam penyambutan-Nya beliau menekankan bahwa Setiap perusahaan selalu berusaha membuat produk yang dihasilkannya untuk dapat mencapai tujuan dan sasaran perusahaan, seperti halnya bank syariah. Melalui produk yang dapat ditawarkan, bank/perusahaan dapat menjamin kehidupannya atau menjaga kestabilan usahanya dan berkembang. Dalam rangka inilah setiap perusahaan harus memikirkan kegiatan produknya, jauh sebelum produk ini dihasilan sampai poduk itu dikonsumsi konsumen.
Acara Workshop Manajemen Pemasaran “Mengidentifikasi Segmen dan Sasaran Pasar” juga di hadiri oleh para mahasiswa dan mahasiswi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. Sebagaimana tercantum pada flayer tersebut nama-nama Mahasiswa dan Mahasiswi Universitas Islam Negeri Jakarta yaitu Saogi sebagai moderator yang memimpin jalannya diskusi dan narasumber terkait materi yaitu Zahwa Nabilah Puteri dan Raudhotul Zahra pada acara Workshop Manajemen Pemasaran “Mengidentifikasi Segmen dan Sasaran Pasar”.
Dalam kesempatan-Nya saudari Raudhotul Zahra menjelaskan bahwa Segmentasi pasar adalah suatu proses membagi-bagi pasar kesemua produk atau jasa yang awalnya bersifat heterogen ke dalam beberapasegmen, yang masing-masing segmen-nya bersifat homogen ke semua aspek. Ringkasnya yaitu suatu kegiatan membagi-bagi pasar yang asalnya bersifat heterogen menjadi homogen. Homogenitas tersebut disebabkan oleh adanya perbedaan kebiasaan membeli, kebutuhan pemakaian, menggunakan barang, dantujuan ketika membeli barang. Titik awal pembahasan segmentasi adalah pemasaran massal. Dalam pemasaran massal, penjual menjalankan produksi massal, distribusi massal, dan promosimassal atas produk tertentu bagi semua pembeli. Argumen bagi pemasaran massaladalah ia menciptakan potensi pasar yang terbesar, yang akan menghasilkan biayayang lebih yang lebih rendah, yang pada gilirannya dapat menghasilkan hargalebih rendah atau marjin lebih tinggi. Namun, banyak kritik yang menunjuk pada kenyataan bahwa pasar itu sebenarnya terpecah-pecah, sehingga pemasaranmassal lebih sulit dilaksanakan. Tidak mengejutkan, banyak perusahaan yang beralih ke pemasaran mikro pada satu dari empat level berikut: pemasaran segmen, pemasaran relung, pemasaran globalisasi, pemasaran local.
Pada kesempatan yang lain saudari Zahwa Nabilah Puteri mengungkapkan bahwa dasar Segmentasi Pasar Konsumen Beberapa penelitian berusaha mendefinisikan segmen dengan melihat kateristik deskriptifgeografis, demografis dan psikologis. Penelitian lain berusaha untukmendefinisikan segmen dengan melihat perimbangan perilaku. Kunci darisegmentasi adalah menyesuaikan program pemasaran untuk mengenali perbedaan pelanggan. Segmentasi Geografis Beberapa variabel segmen geografis adalah lingkungan sekitar, wilayah, ukuran daerah, ukuran kota, dan kepada tamiklim. Segmentasi Demografis Beberapa variabel dari segmen demografi yaituumur, keluarga, jenis kelamin, pekerjaan, penghasilan, agama, kelas sosial,ras, siklus hidup, pendapatan, pendidikan dll. Segmentasi Psikografis Variabel segmentasi psikologi meliputikepribadian, gaya hidup, dan kelas sosial. Variabel tersebut antara lainyaitu manfaat yang dicari, tingkat pemakaian, status pemakaian, statuskesetiaan, dan sikap terhadap produk. Kemudian menjelaskan mengenai materi Segmentasi Pasar Bisnis yaitu dapat disegmentasi dengan menggunakan beberapa variabelyang digunakan dalam segmentasi pasar konsumen, seperti geografi,manfaat yang diacari, dan tingkat pemakaian. Namun, pemasar bisnis juga dapat menggunakan beberapa variabel lain.
Pada kesempatan selanjutnya saudara Saogi memberikan penjelasan tentang Penetapan Pasar Sasaran Adalah kegiatan yang berisi dan menilai serta memilih satu atau lebihsegmen pasar yang akan dimasuki oleh suatu perusahaan. Apabila perusahaaningin menentukan segmen pasar mana yang akan dimasukinya, maka langkahyang pertama adalah menghitung dan menilai potensi profit dari berbagai segmen yang ada. Mengevaluasi dan Memilih Segmen Pasar Dalam mengevaluasi segmen pasar yang berbeda. Perusahaan harus melihat dua faktor : daya tarik keseluruhansegmen serta tujuan dan sumber daya perusahaan. Menjelaskan juga tentang konsentrasi segmen tunggal, spesialisasi selektif, spesialisasi produk, spesialisasi pasar, dan cakupan pasar penuh.
Setelah itu juga terdapat sesi tanya jawab, dan pertanyaan pertama dilontarkan oleh saudari Puput Putriyani yaitu pada Pemasaran relung, pelanggan bersedia membeli kebutuhan dengan harga lebih. Contoh kebutuhannya apa? Apakah pasar relung bisa mengalami penurunan harga yg sangat rendah?
Yang kemudian dijawab oleh Pemateri saudari Zahwa Nabilah Puteri. Salah satu strategi yang dapat dilakukan perusahaan kecil agar dapat bertahan adalah melakukan pemasaran relung (niche marketing). Meskipun segala jenis pasar telah dilayani oleh banyak perusahaan namun masih ada pasar yang kurang diminati oleh perusahaan besar dan itu dapat dijadikan peluang bagi perusahaan lebih kecil untuk memperoleh profit meskipun pasarnya lebih kecil atau lebih sedikit. Pada pemasaran relung, perusahaan kecil pada dasarnya menghindari persaingan langsung dengan perusahaan besar sehingga memilih pasar yang tidak dimasuki oleh perusahaan besar. Persaingan dalam pasar relung bersifat lebih terbatas karena jumlah perusahaan yang bermain dalam pasar relung lebih sedikit dibandingkan pasar terbuka yang semua pasarnya telah dipenuhi oleh produkproduk perusahaan besar dan juga perusahaan kecil. Contoh pemasaran relung yang sederhana; perusahaan-perusahaan pakaian (celana dan baju) merek terkenal, jarang yang menyediakan pakaian untuk orang yang badannya gemuk. Keadaan seperti itu merupakan peluang bagi perusahaan lain untuk melakukan pemasaran relung dengan cara memproduksi pakaian khusus untuk orang gemuk. Pasarnya lebih kecil namun perusahaan pesaing juga tidak banyak, sehingga ada peluang bagi perusahaan untuk mendapatkan profit yang lumayan.Pasar relung bisa mengalami harga yang sangat rendah tergantung ketersediaan faktor harga bahan baku yang ada di pasaran.
Kemudian muncul pertanyaan dari Ayu Wandira yaitu bertanya tentang hubungan antara penetapan sasaran pasar dengan segmentasi pasar! apakah mungkin segmentasi menimbulkan overpersonalisasi?
Kemudian dijawab oleh pemateri Raudhotul Zahra yaitu Semakin spesifik segmen yang Anda buat maka email yang Anda kirim akan semakin personal. Sehingga, Anda tidak hanya mampu mengirim email dengan nama mereka didalamnya, namun juga memberikan konten yang relevan bagi mereka. Akan tetapi, hal ini dapat menimbulkan over-personalisasi. Semua orang akan senang jika mereka mendapatkan email sesuai dengan apa yang mereka sukai. Akan tetapi, bukan berarti mereka tidak memiliki ketertarikan sama sekali dengan produk lain. Sesekali Anda berikan informasi mengenai hal-hal yang di luar ketertarikan mereka tidak ada salahnya, siapa tahu mereka menyukainya. Jadi, sebaiknya Anda tidak terlalu ketat dalam membatasi apa yang Anda bagikan kepada subscriber.
Dan pertanyaan ketiga yaitu dari Samman Hamdi .Apa yg dimaksud dengan mendiversifikasikan resiko perusahaan dan adakah kekurangan dari strategi multisegmen?
Lalu dijawab oleh pemateri yaitu Saogi. Diversifikasi adalah strategi yang digunakan oleh perusahaan untuk memperluas pangsa pasar, menambah jumlah unit bisnis, memproduksi produk baru yang beraneka ragam, serta melakukan akuisisi pada perusahaan pesaing atau perusahaan baru.Secara umum pengertian dari diversifikasi adalah strategi manajemen terhadap risiko tertentu yang dilakukan dengan memisahkan portofolio investasi menjadi beberapa jenis aset. Kelemahan dan kekurangan dari strategi multi segmen yaitu Biaya produksi lebih tinggi, karena jangka waktu proses produksi lebih pendek. -Biaya penelitian/ riset pasar akan bertambah searah dengan banyaknya ragam dan macam segmen pasar yang ditetapkan. -terjadi persaingan yang tidak sehat misalnya kanibalisme sesama produsen untuk produk dan segmen yang sama.
Dan kemudian Acara ini ditutup oleh Saogi selaku Moderator dengan memberikan kesimpulan yaitu Pemasaran sasaran menghendaki tiga langkah utama. Pertama, sasaransegmentasi pasar yaitu tindakan membagi pasar menjadi beberapa kelompok pembeli yang mungkin memerlukan produk / bauran pemasaran berbeda. Kedua,menetapkan pasar sasaran yaitu tindakan mengevaluasi dan menyeleksi satu ataulebih segmen pasar yang hendak dimasuki. Ketiga, penempatan produk yaitu tindakkan merumuskan penentuan posisi bersaing untuk produk dan bauran pemasaran secara terperinci.
Terakhir, sesi foto bersama sebagai bukti absensi kehadiran para mahasiswa gabungan kelas Manajemen Lembaga Keuangan Syariah dan Mahasiswa Kelas Manajemen ZISWAF.