Workshop Wirausaha 100% Sukses: Menjadikan Kebutuhan Pasar sebagai Strategi Bisnis Cemerlang

Mahasiswa Manajemen Dakwah Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta menggelar webinar Workshop Wirausaha bertajuk: “Menjadikam Kebutuhan Pasar Sebagai Stretegi Bisnis Cemerlang” yang dilaksanakan pada Kamis, 23 September 2021 pukul 09.40 – selesai. Kegiatan ini diselenggarakan melalui platform Zoom Meeting dengan dihadiri 80 peserta. Acara ini dibuka dengan sambutan dan pra materi oleh Wakil Dekan III Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Syarif Hidayatullah, Drs. Cecep Castrawijaya, M.A., dan mendapat antusias dari peserta webinar .

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa pemasaran adalah ujung tombak di dalam suatu perusahaan. Strategi pemasaran sendiri pada umumnya memiliki banyak sekali jenis. Salah satunya adalah konsep Pemasaran Holistic. Pada dasarnya, konsep pemasaran adalah suatu ide, filosofi, dan juga cara yang digunakan oleh suatu bisnis untuk bisa mengidentifikasi dan juga memenuhi keperluan setiap pelanggannya, yang mampu menguntungkan pelanggannya, dan juga perusahaan penjual tersebut. Caranya cukup sederhana, konsep pemasaran adalah sesuatu yang dibuat atau di desain sebelum melakukan aktivitas penjualan. Jadi, konsep pemasaran adalah sesuatu yang sangat vital dalam hal menentukan keberhasilan penjualan pada suatu produk ataupun jasa. Sedangkan pengertian dari pemasaran holistik adalah suatu cara pemasaran yang menyatukan pengembangan, desain, implementasi dan rangkaian kegiatan pemasaran pada umumnya.

Pengertian lain dari konsep pemasaran holistik adalah suatu konsep pemasaran yang mampu mempertimbangkan bisnis secara lebih menyeluruh, bukan sebagai suatu entitas dengan berbagai bagian yang berbeda-beda. Jadi, bisa kita tarik kesimpulan bahwa pemasaran holistik adalah suatu strategi pemasaran yang diciptakan dengan menggunakan seluruh unsur bisnis yang ada di dalam suatu perusahaan. hal yang membedakan konsep pemasaran holistik dengan konsep pemasaran lainnya adalah pada segi pendekatannya.Secara prinsip, aktivitas pemasaran dan penjualan pada suatu perusahaan pasti akan saling berkaitan. Seluruh strategi pemasaran, termasuk di dalamnya konsep pemasaran holistik memiliki tujuan dalam meningkatkan penjualan produk ataupun jasa yang ditawarkan oleh pihak perusahaan kepada pembeli. Contoh pemasaran yang sangat mudah untuk ditemui adalah susu Anlene yang mengajak setiap masyarakat untuk berjalan sebanyak 10 ribu langkah sambil memasarkan produknya. Contoh pemasaran holistik lainnya adalah perusahaan air minum Aqua yang mendonasikan Rp 10 untuk setiap 1 liter produk air yang sudah mereka jual, yang mana donasi tersebut akan diberikan pada desa yang kesulitan memperoleh air bersih. Terakhir, ada Perusahaan Taksi Blue Bird yang memberikan penghargaan kepada supir yang sudah bekerja diatas lima tahun.

Setelah adanya webinar tentang Pemasaran Holistic yang diharapkan bisa menjadikan kebutuhan pasar sebagai stretegi bisnis cemerlang bisa diterapkan ke semua pengusaha. Tentu jenis pemasaran ini akan membuat calon konsumen akan menggunakan produk yang perusahaan jual tanpa konsumen sadari. Seperti contoh susu Anlene yang mengajak setiap masyarakat untuk berjalan sebanyak 10 ribu langkah sambil memasarkan produknya yang tentu sektor minuman anlene adalah untuk meningkatkan kekuatan tulang.