Workshop Pelatihan Kewirausahaan Merancang dan Mengelola Komunikasi Pemasaran Terpadu

Mahasiswa Manajemen Dakwah Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Mahasiswa Manajemen Dakwah Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta menggelar Webinar Pelatihan Kewirausahaan bertajuk: “Merancang dan Mengelola Komunikasi Pemasaran Terpadu” pada hari Rabu 27, Oktober 2021 mendatang, tepatnya pukul 13.00 – selesai. Kegiatan ini diselenggarakan melalui platform Zoom Teleconference dengan dihadiri oleh 80 peserta yang aktif bersuara dan tanya jawab pada saat webinar berlangsung, peserta sangat antusias dan responsif. Acara ini dibuka dengan sambutan dan pra materi oleh Wakil Dekan III Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Syarif Hidayatullah, Drs. Cecep Castrawijaya, M.A.

Dengan Komunikasi yang baik akan tercipta  keharmonisan antar perusahaan dan konsumen untuk itu peran komunikasi pemasaran merupakan hal yang penting bagi setiap perusahaan, bagi pemasaran modern memerlukan lebih daripada sekedar mengembangkan produk yang baik, menetapkan harga yang menarik, dan membuatnya dapat terjangkau. Perusahan-perusahaan juga harus berkomunikasi dengan pihak-pihak yang berkepentingan sekarang dan yang akan datang, dan masyarakat umum.

Peran komunikasi pemasaran adalah sebagai sarana yang digunakan perusahaan dalam upaya untuk menginformasikan, membujuk, dan mengingatkan konsumen langsung atau tidak langsung  tentang produk  dan merek yang produsen jual.  komunikasi  pemasaran merupakan sarana yang dapat digunakan untuk membangun dialog dan membangun hubungan dengan konsumen. Komunikasi pemasaran memungkinkan perusahaan untuk menghubungkan merek dengan orang lain, tempat, acara khusus, pengalaman merek,  perasaan, dan barang. Untuk merancang dan mengembangkan komunikasi yang efektif hal yang dilakukan antara lain: Merancang komunikasi merumuskan komunikasi untuk mencapai tanggapan yang diinginkan akan menuntut pemecahan tiga masalah :apa yang  harus dikatakan (strategi pesan), bagaimana mengatakannya (strategi kreatif),  dan siapa yang harus mengatakannya (sumber pesan). Dalam mengembangkan  komunikasi yang efektif.  Dimulai dengan yang mendasar: 1) mengidentifikasi audiens sasaran, 2) menemukan tujuan,  3) merancang komunikasi,  4) memilih saluran,  dan 5) menetapkan anggaran, 6) memutuskan bauran medianya, 7) ukurlah hasilnya, 8) mengelola komunikasi pemasaran terpadu.

Dalam era globalisasi ini persaingan  bisnis sangat keras. Pemasar  yang akan menjual produknya,  berupa barang/jasa  agar bisa memenangkan persaingan harus  bisa  harus mampu memenuhi apa yang  dibutuhkan dan diinginkan para konsumennya,  sehingga bisa memberikan nilai yang lebih baik (a better consumer’s value) daripada pesaingnya.  Pemasar harus mencoba mempengaruhi  perilaku konsumen, dengan segala cara  agar konsumen bersedia  membeli produk yang ditawarkannya,  bahkan yang  semula tidak ingin membeli,  menjadi ingin membelinya.  Karena pada prisipnya  konsumen yang menolak hari ini belum tentu menolak di hari berikutnya. Maka dari itu peran tentang merancang dan mengelola komunikasi pemasaran secara sistematis sangat lah penting bagi suatu perusahaan.

Maka kami berharap dengan adanya webinar ini para peserta dapat mengimplementasikan materi yang telah di sampaikan, khusunya untuk suatu perusahaan umumnya untuk personal dalam nilai-nilai komunikasinya.

You may also like...