Pelatihan Kewirausahaan: Proses Pengembangan Produk Baru

Mahasiswa Manajemen Dakwah Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta menggelar Webinar Pelatihan Kewirausahaan bertajuk: “Proses Pengembangan Produk Baru” pada Selasa, 9 Nopember 2021 mendatang, dimulai pukul 09.40 – selesai. Kegiatan ini diselenggarakan melalui platform Zoom Teleconference dengan dihadiri oleh dan diharapkan pada webinar mendatang ini nanti peserta akan aktif bersuara pada saat webinar berlangsung. Di hari H nya nanti, acara ini akan dibuka dengan sambutan dan pra materi oleh Wakil Dekan III Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Syarif Hidayatullah, Drs. Cecep Castrawijaya, M.A.
Perkembangan dunia usaha yang dinamis dan penuh persaingan menuntut perusahaan untuk melakukan perubahan orientasi terhadap cara mereka melayani konsumen, menangani pesaing, dan mengeluarkan produk. Persaingan yang ketat menuntut perusahaan untuk semakin inovatif dalam mengeluarkan produk yang sekiranya disukai konsumen. Tanpa inovasi, produk suatu perusahaan bisa tenggelam dalam persaingan dengan produk-produk lain yang semakin memenuhi pasar. Pelanggan yang puas akan terus melakukan pembelian, dan pelanggan yang tidak puas akan menghentikan pembelian produk bersangkutan dan kemungkinanakan menyebarkan berita tersebut pada orang lain.
Pengembangan produk adalah suatu usaha yang dilakukan perusahaan melalui perbaikan bentuk, penyederhanaan, pembentukan kembali, menambah desain atau model dengan tujuan untuk meningkatkan kepuasan konsumen atau pelanggan. Langkah awal yang harus diketahui sebelum memulai produk baru yaitu menyusun strategi yang tepat. Strategi pengembangan produk adalah bagian dari strategi korporasi (corporate strategy). Dalam strategi pengembangan produk terdapat potensi keuntungan maupun risiko dari aktifitas pengembangan produk, dan banyak faktor yang menyebabkan suatu organisasi mempertimbangkan melakukan pengembangan produk baru. Hampir semua organisasi menemukan bahwa pendekatan strategi managerial pada aktifitas pengembangan produk baru akan meningkatkan peluang keberhasilan dan juga meminimasi biaya dan risiko. Selain itu ada beberapa tahapan dalam mengembangkan suatu produk baru.
Tantangan dalam pengembangan produk baru serta peluncuran produk baru semakin pesat dalam beberapa tahun terakhir. Di Banyak industri, seperti perdagangan eceran, barang konsumen, elektronik, otomotif atau lainya. Meskipun begitu, pengembangan produk bukanlah perkara yang mudah untuk dilakukan. Ada berbagai macam faktor yang memengaruhi kegiatan pengembangan produk. Pada dasarnya, faktor yang memengaruhi pengembangan produk dibagi menjadi dua, yaitu faktor pendukung dan faktor penghambat. Maka dari itu teruslah berinovasi agar menghasilkan produk-produk baru yang unggul.