Pelatihan Kewirausahaan: How to Marketing Research in a Business

Melihat perkembangan dunia saat ini yang semakin maju, kita dituntut untuk melakukan segala sesuatu secara cepat dan tepat. Sebab jika kita lambat, maka kita akan tertinggal dengan yang lain. Hal ini berlaku dalam segala aspek kehidupan. Tak terkecuali dalam dunia bisnis. Dalam dunia bisnis yang paling penting adalah bagaimana agar orang lain tau apa yang kita lakukan saat ini. Dengan cara apa ? yakni salah satunya dengan memasarkan atau yang sering kita dengar adalah marketing. Marketing disini tidak boleh asal-asalan dan harus punya ilmu akan hal tersebut. Tetapi sebelum melakukan marketing, kita harus melakukan yang namanya research atau riset. Karena dengan melakukan riset kita akan mengetahui perilaku konsumen ini seperti apa, apa yang dibutuhkan masyarakat saat ini, rentang usianya berapa, dan sebagaimana. Sebab jika melakukan pemasaran atau marketing tanpa kita tahu hal-hal tersebut maka besar kemungkinan target kita salah, kemudian tenyata bukan itu yang dibutuhkan masyarakat, dan lainnya.
Maka pada Selasa, 21 September 2021 tepatnya pukul 09.40 Mahasiswa Manajemen Zakat, Infaq, Shadaqah, dan Wakaf melakukan Pelatihan Kewirausahaan mengenai “How to Marketing Research in a Business”. Pelatihan ini dibuka oleh Bapak Drs. Cecep Castrawijaya, M. A. selaku Wakil Dekan 3 Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi melalui virtual meeting. Pelatihan ini dilakukan agar kita bisa punya ilmu dan wawasan yang luas mengenai seperti apa melakukan riset pemasaran terkhusus dalam sebuah bisnis supaya ketika kita nantinya berkecimpung dalam dunia bisnis maka kita sudah paham mekanismenya seperti apa. Secara ringkas kita akan membahasnya dibawah ini.
Perlu kita ketahui bahwa riset pemasaran harus dilakukan secara sistematis, yakni mulai dari perumusan masalah, perumusan tujuan, pengumpulan data, pengolahan data, hingga interpretasi dari hasil riset pemasaran yang diperoleh. Sehingga riset pemasaran (marketing research) yakni sebagai perancang, pengumpulan, analisis dan pelaporan data sistematis serta temuan yang relevan terhadap situasi pemasaran tertentu yang dihadapi perusahaan. Adanya riset pemasaran disini memiliki fungsi evaluating, understanding, dan predicting. Adapun beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika melakukan riset pemasaran yakni 1) mendefinisikan masalah, altenatif keputusan, dan tujuan riset, 2) menyusun rencana riset, 3) mengumpulkan informasi, 4) menganalisis informasi, dan 5) menyajikan hasil temuan.
Kemudian berbicara tentang riset pemasaran maka kita tentunya akan membahas mengenai meramal permintaan. Ini penting, sebab kita harus bisa memprediksi kebutuhan akan masyarakat di masa depan. Besar harapan kami, dengan adanya pelatihan ini dapat memperluas lagi wawasan kita semua mengenai riset pemasaran itu sendiri.