Partisipasi Prodi PMI dalam Penyusunan RPS berbasis MBKM

Jakarta – Sebagai salah satu upaya mendukung program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam (PMI) ikut berpartisipasi dalam kegiatan workshop bertajuk  “Penyusunan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) Berbasis Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) dan Capaian Pembelajaran Program Studi (CPPS)” yang diselenggarakan oleh Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Jakarta. Kegiatan workshop Penyusunan RPS Berbasis MBKM dan CPPS diselenggarakan pada tanggal 30-31 Mei 2022 di Hotel Aston Bellevue Radio Dalam, Jakarta Selatan.

RPS PMI UIN Jakarta

Secara umum, kegiatan ini memberikan pedoman bagi dosen di lingkungan Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Jakarta dalam menyusun RPS berbasis MBKM. Kegiatan workshop ini menghadirkan narasumber yang berkompeten dalam setiap sesinya seperti: Wakil Rektor 1, tim perwakilan dari Lembaga Penjamin Mutu dan tim perwakilan dari Pustipanda.

RPS PMI UIN Jakarta

Lebih lanjut, melalui kegiatan ini Prodi PMI membangun kesepahaman diantara para dosen dalam merumuskan CPL tiap mata kuliah agar tersusun dokumen RPS yang mutakhir. Ketua Prodi PMI Dr. Muhtadi, M.Si menegaskan agar RPS yang disusun oleh dosen pengampu mata kuliah hendaknya mengintegrasikan penelitian dosen pengampu yang tertuang dalam jurnal agar menambah khazanah pengetahuan mahasiswa. Selain itu, Prof. Dr. Asep Usman Ismail, M.A selaku asesor memberikan arahan agar penyusunan RPS para dosen harus memperhatikan integrasi antar keislaman dan keindonesiaan agar relevan dengan mata kuliah yang akan diajarkan kepada mahasiswa.

RPS PMI UIN Jakarta

You may also like...