DESKRIPSI
PROGRAM STUDI MANAJEMEN DAKWAH
- Definisi Prodi Manajemen Dakwah
Manajemen Dakwah (MD) menjadi salah satu bagian jurusan Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi. Manajemen Dakwah UIN Syarif Hidayatullah Jakarta memiliki tanggung jawab dalam menjunjung tinggi pendidikan dan tidak terbatas pada definisi lulusan semata. Selain menghasilkan lulusan atau sarjana yang mampu terserap oleh dunia kerja, sarjana atau lulusan Manajemen Dakwah UIN Syarif Hidayatullah Jakarta harus memiliki integritas dalam hal kemanusiaan, ke-Islaman, dan ke-Indonesiaan, serta ungggul dalam kompetensi di bidang manajemen dakwah yang mampu berkarya dan memberikan dampak positif bagi masyarakat luas (rahmatan lil-‘alamin), serta mampu bersaing pada tingkat Internasional pada tahun 2045.
Manajemen Dakwah UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, dalam menunjang tujuan nya yakni “Program Studi Manajemen Dakwah menjadi Program Studi yang Berwawasan Kemanusiaan, Ke-Islaman, Ke-Indonesiaan dan unggul dalam kajian Manajemen Dakwah di tingkat Internasional pada 2045” memiliki beberapa konsentrasi program studi, diantaranya Manajemen Haji dan Umrah (MHU), Manajemen Lembaga Keuangan Isalam (MLKI), serta Manajemen Zakat, Infaq, Shadaqah dan Waqaf (MZISWAF).
Dalam pengaplikasiannya, Manajemen Dakwah UIN Syarif Hidayatullah Jakarta memiliki program-program penunjang dalam mewujudkan prodi yang unggul dalam kajian Manajemen Dakwah di tingkat Internasional pada 2045 yakni mewujudkan sarjana muslim yang memiliki keunggulan sebagai pengelola dalam bidang Manajemen Dakwah, Administrasi, Kepemimpinan dan organisasi yang mampu berkompetitif dengan lingkungan global, menyelenggarakan penelitian dalam rangka mengembangkan Keilmuan Dakwah, Kepemimpinan Dakwah, Kegiatan Dakwah dan Kelembagaan Dakwah, menyelenggarakan kerjasama dengan lembaga-lembaga terkait seperti, lembaga pengelola zakat, lembaga pengelola keuangan Islam, lembaga pengelola travel haji dan umroh, Menyelenggarakan Pengabdian kepada masyarakat seperti Bakti Sosial dan Safari Dakwah Nasional-Internasional, serta menyelenggarakan kegiatan ilmiah: seminar Nasional-Internasional, serta konferensi Internasional.
- Identitas Program Studi
Nama Institusi : UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Fakultas : Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi
Program Studi : Manajemen Dakwah
- Institusi Pengajaran : UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
- Akreditasi : BAN-PT
- Gelar Akademik : S.Sos.I
- Nama Prodi : Manajemen Dakwah
- Kode Program Studi (PDPT) : 70230
- Bahasa Pengantar : Bahasa Indonesia
- Program Studi lain yang relevan : manajemen
- Masa Studi : Maksimal 7 tahun
- Tanggal Program Spesifikasi : 1 September 2020
- Prasyarat masuk (entry requirement):
- Lulusan MA/SMA/SMK
- Memiliki nilai TOEFL dengan skor minimal 450 danTOAFL dengan skor minimal 375
- Visi, Misi Dan Tujuan Program Studi
Visi
“Program Studi Manajemen Dakwah menjadi Program Studi yang Berwawasan Kemanusiaan, Ke-Islaman, Ke-Indonesiaan dan unggul dalam kajian Manajemen Dakwah di tingkat Internasional pada 2045”
Misi
- Menyelenggarakan pendidikan Strata 1 dalam rangka mewujudkan sarjana muslim yang memiliki keunggulan sebagai pengelola dalam bidang Manajemen Dakwah, Administrasi, Kepemimpinan dan organisasi yang mampu berkompetitif dengan lingkungan global.
- Menyelenggarakan penelitian dalam rangka mengembangkan Keilmuan Dakwah, Kepemimpinan Dakwah, Kegiatan Dakwah dan Kelembagaan Dakwah.
- Menyelenggarakan kerjasama dengan lembaga-lembaga terkait seperti, lembaga pengelola zakat, lembaga pengelola keuangan Islam, lembaga pengelola travel haji dan umroh.
- Menyelenggarakan Pengabdian kepada masyarakat seperti Bakti Sosial dan Safari Dakwah.
- Menyelenggarakan kegiatan ilmiah : seminar Nasional dan workshop.
Tujuan :
- Menghasilkan sarjana ilmu Manajemen Dakwah yang professional dan berdedikasi tinggi serta berdaya saing.
- Menghasilkan produk riset ilmu Manajemen Dakwah kontemporer dan aplikatif.
- Mengembangkan dan menyebarluaskan dakwah Islam untuk membantu penyelesaian masalah-masalah kemanusiaan dan keagamaan dengan pendekatan Manajemen Dakwah.
- Menyiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademik dan dapat menerapkannya pada kegiatan-kegiatan keagamaan.
- Profil Lulusan (Kompetensi Utama Program Studi)
Profil lulusan Program Studi Manajemen adalah seorang yang religius, professional dan humanis.
- Religius
Memiliki sikap yang baik (good attitude) yang bisa mengimplementasikan perintah agama secara benar dan ekslusif (moderat).
- Profesional
Memiliki kemampuan dan kompetensi yang mumpuni di bidangnya, yaitu bidang manajemen haji dan umrah, manajemen Lembaga keuangan Syariah dan manajemen zakat, infak, sedekah dan wakaf.
- Humanis
Bisa bekerja secara individu maupun kelompok, bisa bermasyarakat dan beradaptasi dengan lingkungan yang beragam secara baik.
- Capaian Pembelajaran Program Studi (Program Outcome)
- Pengetahuan: Pengetahuan tentang konsep-konsep teoritis tentang manajemen secara umum dan juga konsep-konsep khusus dalam cabang ilmu Manajemen Dakwah.
- Ketrampilan: Kemampuan menerapkan keahlian di bidang manajemen dengan memanfaatkan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi pada bidang dakwah
- Penerapan: Kemampuan untuk mengintegrasikan ilmu manajemen dan ilmu dakwah
- Analisis: Kemampuan menulis, presentasi, dan mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data, dan mengambil berbagai macam alternatif solusi secara mandiri dan kelompok menggunaan informasi teknologi untuk menopang yang bersangkutan belajar seumur hidup;
- Pengabdian pada Masyarakat: Kemampuan mengelola riset dan pengembangan di bidang manajemen yang bermanfaat bagi dakwah Islam dan mendapatkan pengakuan nasional dan internasional
- Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (Program Learning Outcome)







- Distribusi Dan Matrik Mata Kuliah







- Dosen/Tenaga Pengajar
No | Nama Dosen | NIDN/NIDK /NUP | Pendidikan | Keahlian |
1 | Prof. Dr. Murodi, M.Ag | 2005076401 | S1 IAIN Jakarta S2 IAIN Jakarta S3 UIN Jakarta | Sejarah Peradaban Islam |
2 | Dr. Wahyu Prasetyawan, MA | 2017106601 | S1 IAIN Jakarta S2 University of Leeds S3 Kyoto University | Ilmu Ekonomi Pembangunan |
3 | Mulkanasir, BA., S.Pd., MM | 2001015501 | S1 UHAMKA S2 UMJ | Ilmu Manajemen Sumber daya |
4 | Drs. Nurul Jamali, M.Si | 2028085601 | S1 UMJ S2 UMJ | Ilmu Manajemen Dakwah |
5 | Drs. Hasanuddin, MA | 2005066602 | S1 IAIN Jakarta S2 IAIN Jakarta S3 | Ekonomi Islam |
6 | Dra. Jundah, MA | 2003036201 | S1 IAIN Jakarta S2 UIN Jakarta | Manajemen Dakwah |
7 | Dra. Hj. Mastanah, M.Si | 2017086201 | S1 IAIN Jakarta S2 Univ. Krisnadwipayana S3 PTIQ Jakarta (dalam proses) | Manajemen Dakwah |
8 | Drs. Study Rizal LK, M.Ag | 2028046401 | S1 IAIN Jakarta S2 IAIN Jakarta S3 UIN Jakarta (dalam proses) | Pemikiran Islam |
9 | Drs. Cecep Castrawijaya, MA | 2018086701 | S1 IAIN Jakarta S2 UIN Jakarta S3 PTIQ Jakarta (dalam proses) | Manajemen Dakwah |
10 | Lili Bariadi, S.Ag., M.Si | 2019057501 | S1 IAIN Jakarta S2 UMJ | Kewirausahaan dan Manajemen Koperasi |
11 | Muhamad Zen, S.Ag | 2112017801 | S1 UIN Jakarta S2 UIN Jakarta S3 UIN Jakarta (dalam proses) | Ekonomi Islam |
12 | Amirudin, M.Si | 0008068203 | S1 UIN Jakarta S2 IPB S3 UNJ (dalam proses) | Statistika |
13 | Dr. Muhammad Sungaidi, MA | 2003086001 | S1 IAIN Yogyakarta S2 UMJ S3 UIN Jakarta | Sejarah Islam |
14 | Muammar Aditya, M.Ak | 2009108101 | S1 UIN Jakarta S2 UI | Akuntansi |
15 | Drs. Sugiharto, MA | 2006086801 | S1 IAIN Jakarta S2 UMJ S3 PTIQ Jakarta (dalam proses) | Kepemimpinan Dakwah |
16 | Khoeron Sirin, MA | 2017107501 | S1 IAIN Jakarta S2 UIN Jakarta S3 UIN Jakarta (dalam proses) | Hukum Islam |
17 | Ahmadih, Dr.LC, LL.M | 0326058102 | S1 Al Azhar Kairo Mesir S2 Omdurman Islamic University – Sudan S3 Omdurman Islamic University – Sudan | Economic Bisnis Perspektif Qur’an dan Sunnah |
18 | Rochimah Imawati, M.Psi | 0303126602 | S1 IAIN Jakarta S2 UI | Psikologi |
19 | Drs. AH. Kartono, M.Si | 8834040018 | S1 UM Jakarta S2 STAI Jakarta | Fiqih Haji Kontemporer |
20 | Dr. Hamidullah Mahmud, MA | 197612052006041002 | S1 Al-Azhar University S2 UIN Jakarta S3 UIN Jakarta | Tafsir Hadits |
21 | Ahmad Munawaruzzaman, M.Si | S1 UIN Jakarta S2 Universitas Indonesia | Sejarah Islam | |
Jurusan ini bertujuan menghasilkan sarjana yang menguasai bidang manajemen dakwah.
Mata Kuliah Keahlian yang diberikan dalam jurusan ini meliputi: Filsafat Dakwah, Ilmu Dakwah, Psikologi Dakwah, Sejarah Dakwah, Metodologi Pengembangan Dakwah, Manajemen Dakwah, Manajemen Organisasi Islam, Manajemen Pelatihan Dakwah, Organisiasi Islam Internasional, Manajemen Haji, Umrah dan Ziarah, Manajemen Kemasjidan, Manajemen Bank Islam, Manajemen Organisasi Nirlaba, Manajemen Pers Dakwah, Manajemen Penyiaran/Tabligh, Manajemen Pengem-bangan Masyarakat Islam, Perbandingan Sistem Dakwah, Perencanaan, Monitoring dan Evaluasi Dakwah, Sistem Informasi Dakwah, Pengantar Manajemen Umum, Praktek Manajemen Dakwah, Pengantar Psikologi, Lembaga Keuangan Islam, Pengantar Ilmu Komunikasi, dan Perilaku Orang Islam