Magister Manajemen Dakwah

Profil Magister Manajemen Dakwah

Magister Manajemen Dakwah (MMD) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta merupakan program studi magister MD pertama dan satu-satunya di PTKIN yang ada di Indonesia. Izin pendirian Magister Manajemen Dakwah berdasarkan surat keputusan Menteri Agama RI, No. 1185 TAHUN 2021, TANGGAL 04 NOVEMBER 2021 tentang izin penyelenggaraan Program Studi Magister Manajemen Dakwah pada UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Surat BAN- PT No. 2397 BAN-PT/LL/2021 TANGGAL 08 0KTOBER 2021 tentang pemenuhan syarat minimum akreditasi untuk pembukaan program studi baru. Kegiatan perkuliahan dilaksanakan pada semester ganjil, tahun akademik 2022/2023 dengan mahasiswa dari penjuru nusantara.

Program MMD diharapkan menjadi Program Studi yang Unggul terutama dalam Kajian Manajemen Dakwah baik dalam Skala Nasional maupun Internasional. Program MMD ini di desain untuk memenuhi menciptakan sarjana yang memiliki profesionalisme yang tinggi terutama dalam pengelolaan Lembaga dakwah seperti lembaga pengelolaan zakat, lembaga pengelola keuangan islam, lembaga pengelola travel haji dan umroh. Selain aspek managerial, Program MMD dapat mencetak tenaga pendidik yang memiliki kompetensi di bidang keilmuan terkait dengan manajemen dakwah. Untuk mencapai hal tersebut, maka Kurikulum Program Studi Magister Manajemen Dakwah, memperhatikan aspek-aspek keunggulan dengan berbasis pada keilmuan Manajemen dan Dakwah sehingga akan menghasilkan magister sosial, antara lain bidang kajian Manajemen Haji dan Umrah (MHU), Manajemen Lembaga Keuangan Syariah (MLKS) dan Manajemen Zakat Infaq Shadaqah dan Wakaf (MZISWAF), yang berpijak pada sistem kurikulum berbasis pada kompetensi tersebut.

 

Visi Program Magister Manajemen Dakwah FDIKOM UIN Jakarta

“Program Studi S2 Manajemen Dakwah Menjadi Program Studi S2 yang Berwawasan Kemanusiaan, Keislaman, Keindonesiaan, dan Unggul dalam Kajian Manajemen Dakwah di Tingkat Internasional pada Tahun 2045”.

 

Misi Program Magister Manajemen Dakwah FDIKOM UIN Jakarta

  1. Menyelenggarakan pendidikan strata 2 dalam rangka mewujudkan sarjana muslim yang memiliki keunggulan sebagai pengelola dalam bidang manajemen dakwah, administrasi, kepemimpinan dan organisasi yang mampu berkompetisi dengan lingkungan global.
  2. Menyelenggarakan penelitian dalam rangka mengembangkan keilmuan dakwah, kepemimpinan dakwah, kegiatan dakwah dan kelembagaan dakwah.
  3. Menyelenggarakan kerjasama dengan lembaga-lembaga terkait seperti lembaga pengelola zakat, lembaga pengelola keuangan Islam, dan lembaga pengelola travel haji dan umroh.
  4. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat.

 

Tujuan Program Magister Manajemen Dakwah FDIKOM UIN Jakarta

  1. Menghasilkan Magister Manajemen Dakwah yang profesional dan berdedikasi tinggi.
  2. Menghasilkan produk riset Magister Manajemen Dakwah kontemporer dan aplikatif.
  3. Mengembangkan dan menyebarluaskan dakwah Islam untuk membantu penyelesaian problem-problem kemanusiaan dan keagamaan dengan pendekatan Manajemen Dakwah.
  4. Menyiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademik dan dapat menerapkannya pada kegiatan-kegiatan keagamaan.
  5. Kurikulum Program Studi Magister Manajemen Dakwah, memperhatikan aspek-aspek keunggulan dengan berbasis pada keilmuan Manajemen dan Dakwah sehingga akan menghasilkan magister sosial, antara lain bidang kajian Manajemen Haji dan Umroh (MHU), Manajemen Lembaga Keuangan Syariah (MLKS) dan Manajemen Zakat, Infaq, Shadaqah dan Wakaf (MZISWAF), yang berpijak pada sistem kurikulum berbasis pada kompetensi tersebut.

 

Profil Lulusan Program Magister Manajemen Dakwah FDIKOM UIN Jakarta

Bagian ini berisi profil lulusan Program Studi yang berupa profesi atau jenis pekerjaan atau bentuk kerja lainnya. Profil lulusan dilengkapi dengan uraian ringkas kompetensi seluruh profil yang sesuai dengan program pendidikan magister, dan keterkaitan profil tersebut dengan keunggulan atau keunikan Program Studi.

Berpedoman kepada kebutuhan dalam pencapaian visi, misi, tujuan dan sasaran Program Studi Magister Manajemen Dakwah dengan dilandasi pemikiran situasi dan kondisi pada saat ini, maka profil lulusan Magister Manajemen Dakwah adalah sebagai berikut:

  1. Manager Kelembagaan Dakwah, seperti:
    1. Manajemen Pesantren: kompentensi manager pesantren memiliki kemampuan perencanaan, pengorganisasian, penggembangan dan pengawasan serta evaluasi yang dilakukan pihak pengelola pesantren untuk mencapai tujuan bersama dengan memberdayakan sumber daya manusia dan sumber daya lainnya.
    2. Manajemen Majelis Taklim: kompentensi manager majelis taklim memiliki kemampuan perencanaan kegiatan, pengorganisasian, pengembangan dan pengawasan serta evaluasi yang dilakukan pihak pengelola majelis taklim untuk mencapai tujuan bersama dengan memberdayakan sumber daya manusia dan sumber daya lainnya.
    3. Manajemen Masjid: kompentensi manager masjid memiliki kemampuan perencanaan kegiatan masjid baik pembinaan sumber daya manusia maupun pembangunan sarana prasana, pengorganisasian, memberikan pelayanan kepada jama‘ah masjid, pengembangan dan pengawasan serta evaluasi yang dilakukan pihak pengelola masjid untuk mencapai tujuan bersama dengan memberdayakan sumber daya manusia dan sumber daya lainnya.
  2. Manager atau Pengelola Biro Perjalanan Haji, Umroh dan Wisata Religi.
  3. Manager Lembaga Keuangan Syariah (LKS).
  4. Manager Zakat, Infaq, Shadaqah dan Wakaf (ZISWAF).
  5. Dosen/tenaga pengajar program studi S1 Manajemen Dakwah;

 

Kurikum Program Magister Manajemen Dakwah FDIKOM UIN Jakarta

Kurikulum Program Magister Manajemen Dakwah (MMD) disusun berdasarkan visi, misi, tujuan serta profil lulusan yang ingin di capai. Berikut kurikulum MMD:

No.

Mata Kuliah SKS

Keterangan

1. Teori Manajemen 3 Semester I
2. Tafsir Tematik Manajemen Dakwah 3
3. Fiqih Muamalah Kontemporer 3
4. Pemikiran dan Tokoh Manajemen Dakwah 2
5. Manajemen Pemasaran dan Strategi Bisnis Lembaga Dakwah di Era Digital 3 Semester II
6. Kepemimpinan dan Manajemen Perubahan SDM Lembaga Dakwah 3
7. Etika Bisnis dan Good Corporate Governance 3
8. Dinamika Pemikiran Lembaga Dakwah 2
9. Metodologi Riset 1 (Kualitatif) 3
10. Inovasi dan Kewirausahaan di Era Disrupsi 2 Semester 3
11. Manajemen Organisasi Lembaga Dakwah 3
12. Komunikasi Dakwah di Era Digital 3
13. Metodologi Riset 2 (Kuantitatif) 3
14. Tesis 8 Semester 4
Total 44  

Tenaga Pengajar Program Magister Manajemen Dakwah FDIKOM UIN Jakarta

Salah satu faktor yang terpenting dalam mengembangkan Program Magister Manajemen Dakwah (MMD) adalah tersedia nya Tenaga Pengajar yang berkualitas. Dosen-dosen yang dimiliki oleh Program MMD merupakan lulusan dari Perguruan Tinggi yang ada di Indonesia dan di Luar Negeri. Tenaga Pengajar yang berkualitas dapat meningkatkan kualitas mahasiswa terutama di Program MMD.

Berikut adalah nama-nama Pengajar di Program MMD:

Nama Pengajar Latar Belakang Pendidikan
Dr. Wahyu Prasetyawan, M.A. Kyoto University, Jepang.
Dr. Muhammad Zen, M.A. UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta.
Dr. Hamidullah Mahmud, M.A. Institut PTIQ, Jakarta.
Dr. Nuriyah, M.M. UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta.
Muhammad Firdaus, BA., M.A., PhD Universiti Islam Sultan Sharif Ali, Brunei Darussalam.
Dr. Yopi Kusmiati, S.Sos., M.Si. Universitas Padjajaran, Bandung.
Dr. Canra Krisna Jaya Lubis, M.A. UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta.
Dr. Rubiyanah, M.A. UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta.
Dr. Derysmono, M.A. Institut PTIQ, Jakarta.

 

Informasi lebih detail bisa di lihat brosur yang telah tersedia.

BROSUR MAGISTER MD UIN Jakarta